SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM
SILABUS DAN SATUAN ACARA
PERKULIAHAN (SAP)
Mata
Kuliah :
Filsafat Pendidikan Islam
Fakultas : Tarbiyah
dan Keguruan
Program Studi : Pendidikan Agama Islam
Jenjang : S1
Bobot/Semester : 3 SKS/Genap
Mata
Kuliah Prasyarat :
Filsafat Ilmu
Dosen : Govar Arian Laleno, S.IP., M.Pd.
|
1. Deskripsi Mata Kuliah
Dengan adanya mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan untuk memahami
pemikiran-pemikiran filosofis tentang pendidikan, wawasan yang luas
dan keterampilan berpikir mengenai pendidikan. Mahasiswa dapat membantu
dalam merumuskan pemikiran konsepsional dalam bidang pendidikan Islam.
Secara umum mata kuliah ini akan berusaha
mengkaji berbagai permasalahan yang muncul dalam bidang pendidikan--yang akan dikaji secara filosofis. Diharapkan problema-problema yang
muncul dalam dunia pendidikan Islam dapat dipecahkan dan selanjutnya akan
ditemukan paradigma filosofis pendidikan Islam yang sesuai dengan harapan.
2. Kompetensi Mata Kuliah
Agar mahasiswa
mengetahui dan memahami filsafat pendidikan Islam untuk memperoleh
wawasan yang luas dan memiliki keterampilan berpikir mengenai pendidikan Islam.
3. Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan
perkuliahan yaitu:
1) pendekatan ekspositori,
2) pendekatan inkuiri dan
3) pendekatan pemecahan masalah.
Metode : ceramah, tanya jawab dan diskusi, tutoring by student, dalam pemecahan
masalah dan analsis kasus.
Tugas : resume
buku/mind map, pengabdian masyarakat,
mini research
Media : LCD,
kertas plano, instrumen penelitian dan blog
4. Kriteria Evaluasi
No.
|
Jenis Tagihan
|
Bobot (%)
|
1
|
Kehadiran dan
Partisipasi kelas/Kelompok
|
15%
|
2
|
Tugas individu (mini research)
|
15%
|
3
|
Tugas kelompok
(Book Report)
|
15%
|
3
|
Ujian Tengah
Semester
|
20%
|
4
|
Ujian Akhir
Semester
|
35%
|
Jumlah (Nilai Akhir)
|
100%
|
5. Rincian
Materi Pembelajaran
Pertemuan
ke-
|
Topik
|
1
|
Kontrak belajar
dan Pengenalan FPI
|
2
|
Pendapat 4 ahli
Filsafat Pendidikan Islam (Al-Ghazali, Ibnu Kholdun, Mohammad Iqbal dan
Fazlurrahmaan) tentang ilmu, pendidikan, pengajar, peserta didik, hadiah dan
hukuman
|
3
|
Dalil-dalil Al-Quran, Hadits dan kisah sahabat
RA.Hum. tentang ilmu, pendidikan, pengajar, peserta didik, hadiah dan
hukuman.
|
4
|
Belajar dengan
otak kiri (cara belajar konvesional)
|
5
|
Belajar dengan
otak kanan (cara belajar imajinasi)
|
6
|
Memahami asmaulhusna dengan otak kanan kiri
(cara belajar revolusional)
|
7
|
Filosofi dan ideologi pendidikan
|
8
|
UTS
|
9
|
Ideologi pendidikan koservatif
|
10
|
Ideologi pendidikan liberal
|
11
|
Antropologi
pendidikan
|
12 +13
|
Workshop instrumen mini research FPI
|
14
|
Persoalan-persoalan
Pendidikan Islam (kekiniaan);
a. Kapitalisme Pendidikan Islam
b. Komersialisme Pendidikan Islam
c. Liberalisme Pendidikan Islam
d. Humanisme Pendidikan Islam
|
15
|
Portfolio + coaching mini research
|
16
|
Pendokumentasian
perkuliahan melalui blog pribadi + coaching
mini research
|
17
|
Penyerahan mini research dan UAS
|
6. Sumber Bacaan
A.
Texbook:
Abuddin Nata, Filsafat
Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 2001
O’neil, William F., Ideologi-Ideologi Pendidikan,
Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2008
Mahmud, Antropologi Pendidikan, Bandung, Pustaka
Setia, 2012
B.
Referensi:
Abdul Khobir, Filsafat Pendidikan Islam (Landasan
Teoritis dan Praktis), Pekalongan: Pekalongan Press, 2007
Burhanuddin Salam, Pengantar Pedagogik
(Dasar-dasar ilmu Mendidik), Jakarta: Rineka Cipta, 1997
Ismail Thoib, Wacana
Baru Pendidikan Meretas Filsafat Poendidikan Islam, Yogyakarta: Genta
Press, 2008
Prasetyo, Filsafat
Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2000
Samsul Nizar, Filsafat
Pendidikan Islam (Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis), Jkt: Ciputat
Press, 2002
Suyatno, Belajar Bahasa
Inggris Otak Kanan, Bandung: Right Brain, 2012
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Perte-muan
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Aktivitas Pembelajaran
|
Penilaian
|
Media &
Buku Sumber
|
|
Jenis
Evaluasi
|
Bentuk
Instrumen
|
||||||
1.
|
Mahasiswa mengetahui maksud dan tujuan
serta inti perkuliahan FPI
|
1.
Mahasiswa mengetahui peraturan perkuliahan
selama satu semester
2.
Mahasiswa mengetahui materi yang akan
dipelajari selama satu semester
3.
Memahami hakikat penciptaan manusia dan
perkembangan jiwanya
4.
Mahasiswa memiliki satu buku referensi
untuk mata kuliah Filsafat Pendidikan Islam
|
Kontrak belajar
dan pengenalan FPI, penciptaan manusia dan psikologi perkembangan singkat
|
1. Memahami
potensi mahasiswa melalui IPK, mata kuliah yang belum lulus dan hobi
mahasiswa yang bisa menghasilkan uang.
2. Simulasi
pengaruh jujur dan bohong, pujian dan makian, sangkaan baik dan buruk
terhadap kekuatan fisik
3. Klarifikasi
|
Simulasi
Membagi kelas menjadi 5 kelompok
|
Praktek masing-masing
Mencari pendapat 4 para ahli FPI tentang 5 unsur dalam sistem pendidikan
|
Dosen Pengampu MK
|
2.
|
Mahasiswa dapat mendeskripsikan pendapat (4 ahli
FPI) Imam Al-Ghazali, Ibnu Kholdun, Mohammad Iqbal dan Fazlurrahmaan tentang ilmu,
pendidikan, pengajar, peserta didik, hadiah dan hukuman
|
5.
Mahasiswa mampu menjelaskan pendapat 4 ahli FPI tentang ilmu
6.
Mahasiswa mampu menjelaskan pendapat 4 ahli FPI tentang pendidikan
7.
Mahasiswa mampu menjelaskan pendapat 4 ahli FPI tentang pengajar
8.
Mahasiswa mampu menjelaskan pendapat 4 ahli FPI tentang peserta didik
9.
Mahasiswa mampu menjelaskan pendapat 4 ahli FPI tentang hadiah dan
hukuman
|
Pendapat Al-Ghazali,
Ibnu Kholdun, Mohammad Iqbal dan Fazlurrahmaan tentang ilmu, pendidikan, pengajar,
peserta didik, hadiah dan hukuman
|
1.
Mematangkan
pemahaman tiap kelompok akan tugas masing-masing
2. Membandingkan pendapat Al-Ghazali,
Ibnu Kholdun, Mohammad Iqbal dan Fazlurrahmaan tentang ilmu, pendidikan,
pengajar, peserta didik, hadiah dan hukuman.
3. Klarifikasi
|
jigsaw
|
Setiap mahasiswa punya tabel
perbandingan pendapat 4 ahli FPI
|
Bahan-bahan yang di-download dari
internet
|
3.
|
Mahasiswa dapat mengidentifikasi dalil-dalil
Al-Quran, Hadits dan kisah sahabat RA.Hum. tentang ilmu, pendidikan,
pengajar, peserta didik, hadiah dan hukuman
|
10. Mahasiswa mampu
menjelaskan dalil-dalil dari 3
sumber hukum Islam tentang ilmu
11. Mahasiswa mampu
menjelaskan dalil-dalil dari 3
sumber hukum Islam tentang pendidikan
12. Mahasiswa mampu
menjelaskan dalil-dalil dari 3
sumber hukum Islam tentang pengajar
13. Mahasiswa mampu
menjelaskan dalil-dalil dari 3
sumber hukum Islam tentang peserta didik
14. Mahasiswa mampu
menjelaskan dalil-dalil dari 3
sumber hukum Islam tentang hadiah dan hukuman
|
Dalil-dalil
Al-Quran, Hadits dan kisah sahabat RA.Hum. tentang ilmu, pendidikan,
pengajar, peserta didik, hadiah dan hukuman
|
1.
Trik
mengingat dalil-dalil dan kisah dengan membaca keras dan pengulangan
2.
Klarifikasi
|
Presentasi setiap kelompok mengenai
dalil-dalil dan kisah di depan kelas
|
Pengulangan seluruh peserta kelas
|
AlQuran, Sahih Bukhari Muslim dan
Hayatusahabah Dosen Pengampu MK
|
4.
|
Mahasiswa memahami gejala dalam pembelajaran
konvensional. Penggunaan otak kiri yang dominan
|
15. Mahasiswa mampu
mengingat dengan metode taqror
16.
Mahasiswa
mengetahui siapa yang kuat daya ingatnya dan yang lemah daya ingatnya di
dalam kelompok kelas
17.
Mahasiswa
menyadari berapa banyak dan berapa lama kapasistas mereka dalam menggunakan
memori otak kirinya
18.
Mahasiswa
memahami kekuatan dan kelemahan pembelajaran dengan otak kiri
|
Belajar dengan
otak kiri (cara belajar konvesional)
|
1.
Menguji
daya ingat
2.
Memberi
contoh metode taqror
3.
Tutoring by student untuk mengingat belasan point hadits dengan
pengulangan
4.
Klarifikasi
|
Quis
|
Menguji daya ingat terkuat
|
Hadist-hadist pilihan
Dosen Pengampu MK
|
5.
|
Mahasiswa memahami gejala dalam pembelajaran imajinasi.
Penggunaan kerja otak kanan.
|
19. Mahasiswa memahami
fungsi otak kanan
20.
Mahasiswa
memahami cara kerja otak kanan dan rumus imajinasi
21.
Mahasiswa
menyadari berapa banyak dan berapa lama kapasistas mereka dalam menggunakan
memori otak kanannya
22.
Mahasiswa
memahami kekuatan dan kelemahan pembelajaran dengan otak kanan
|
Belajar dengan
otak kanan (cara belajar imajinasi)
|
1.
Penjelasan
jangkar imajinasi
2.
Memberi
contoh metode imajinasi
3.
Tutoring by student untuk mengingat belasan point hadits dengan
imajinasi
4.
Klarifikasi
|
Membuat jangkar imajinasi dari 1-99
|
Portfolio
|
Belajar Bahasa Inggris dengan Otak
Kanan
Dosen Pengampu MK
|
6.
|
Mahasiswa memahami gejala dalam pembelajaran revolusional.
Penggunaan kerja otak kanan dan kiri.
|
23.
Mahasiswa
mampu menghafal 99 asmaul husna dengan kerja sama otak kanan dan kiri
24.
Mahasiswa
mampu merencanakan pembelajaran hafalan metode otak kanan dan kiri
25.
Mahasiswa
memahami potensi kerjasama otak kanan (imajinasi) dan otak kiri (logika)—serta
keajaiban otak manusia
|
Hafal dan memahami asmaulhusna
dengan otak kanan dan kiri (cara belajar revolusional)
|
1.
Setiap
kelompok presentasi 20 asmaul husna dengan imajinasi dan pemahaman
2.
Seluruh
kelompok mengevaluasi hasil kelompok lain
3.
Mengingat
99 asmaulhusna secara pribadi dalam
waktu singkat
4.
Klarifikasi
|
Tugas
Mengingat asmaul husna
|
Portfolio
|
99 Asmaul Husna
Dosen Pengampu MK
|
7.
|
Mahasiswa mampu
menjelaskan Konsep Filosofis tentang Arti,
Prinsip, Dasar & Tujuan Pendidikan Islam
|
26.
Mahasiswa mampu menjelaskan tinjauan
filosofis Hakikat Pendidikan dan Pendidikan
Islam
27.
Mahasiswa mampu menjelaskan tinjauan
filosofis tentang prinsip-prinsip Pendidikan
Islam
28.
Mahasiswa mampu menjelaskan tinjauan
filosofis tentang Dasar Pijakan Pendidikan
Islam
29.
Mahasiswa mampu menjelaskan tinjauan
filosofis tentang Tujuan Pendidikan Islam
|
Filosofi dan ideologi pendidikan Islam
|
1. Penjelasan hakikat ideology
2. Menelaah aspek-aspek filosofis dalam sistem
pendidikan Islam
3. Kel. 1 dan 2 Mengingat materi filosofi dan
ideologi pendidikan Islam dengan otak kanan
4. Klarifikasi
|
Tugas
Membuat mind map Filosofi dan ideologi pendidikan Islam
|
Portfolio
|
William F Oniel, Ideologi-Ideologi
Pendidikan
Kelompok 1 dan 2
Dosen Pengampu MK
|
8.
|
Memahami asmaulhusna
|
30.
Mahasiswa
mampu menghafal asmaulhusna
31.
Mahasiswa
memahami arti dan penjelasannya
32.
Mahasiswa
mampu membuat pembelajaran asmaulhusna
|
UTS
|
Ujian lisan
|
Asmaul husna dan Materi
|
||
9.
|
Mahasiswa mampu
meingidentifikasi pandangan paradigma
konservatif
|
33.
Mahasiswa mampu meingidentifikasi pandangan fundamentalisme
pendidikan
34.
Mahasiswa mampu meingidentifikasi pandangan intelektual
pendidikan
35.
Mahasiswa mampu meingidentifikasi pandangan konservatisme
pendidikan
|
Ideologi pendidikan koservatif
|
1. Presentasi mind map kel. 3 tentang ideology pendidikan konservatif
2. Mengingat materi ideologi pendidikan konservatif
(dengan otak kanan) tentang: 1)Tujuan pendidikan, 2)Tujuan sekolah, 3)ciri-ciri umum, 4)anak sebagai
pelajar, 5)administrasi dan pengendalian pendidikan, 6)sifat-sifat hakiki
kuri kulum, 7)mata pelajaran, 8)metode-metode pengajaran dan penilaian hasil
belajar, 9)kendali di ruang kelas
3. Klarifikasi
|
Quis
|
Uji daya ingat materi ideologi
pendidikan konservatif
|
William F Oniel, Ideologi-Ideologi
Pendidikan
Kelompok 3
Dosen Pengampu MK
|
10.
|
Mahasiswa mampu
meingidentifikasi pandangan paradigma
liberal
|
36.
Mahasiswa mampu meingidentifikasi pandangan liberalisme pendidikan
37.
Mahasiswa mampu meingidentifikasi pandangan liberasionisme pendidikan
38.
Mahasiswa mampu meingidentifikasi pandangan anarkisme pendidikan
|
Ideologi pendidikan liberal
|
1. Presentasi mind map kel. 4 dan 5 tentang ideology pendidikan liberal
2. Mengingat materi ideologi pendidikan liberal
(dengan otak kanan) tentang: 1)Tujuan pendidikan, 2)Tujuan sekolah, 3)ciri-ciri umum, 4)anak sebagai
pelajar, 5)administrasi dan pengendalian pendidikan, 6)sifat-sifat hakiki
kuri kulum, 7)mata pelajaran, 8)metode-metode pengajaran dan penilaian hasil
belajar, 9)kendali di ruang kelas
3. Klarifikasi
|
Quis
|
Uji daya ingat materi ideologi
pendidikan liberal
|
William F Oniel, Ideologi-Ideologi
Pendidikan
Kelompok 4 + 5
Dosen Pengampu MK
|
11.
|
Mahasiswa mampu memahami analisis
antropologi tentang sistem pendidikan
|
39. Mahasiswa mampu
mengidentifikasi tipe-tipe sistem pendidikan di masyarakat
40.
Mahasiswa mampu memahami sistem pendidikan
masyarakat modern
41.
Mahasiswa mampu memahami analisis
sosioantropologis sistem pendidikan modern
42.
Mahahasiswa mampu memahamiperkembangan
pendidikan di masyarakat dunia
|
Antropologi
Pendidikan
|
1. Penjelasan materi antropologi pendidikan
2. Tanya jawab
3. Klarifikasi
|
Tugas
Membuat Peta Transek
|
Portfolio Transek IAIN Sultan Amai Gorontalo dengan tempat kost
masing-masing
|
Prof. Mahmud, Antropologi Pendidikan
Dosen Pengampu MK
|
12.
|
Mahasiswa mampu melakukan mini research antropologi
pendidikan
|
43.
Mahahasiswa mampu membuat instrumen
aktivitas 24 jam kelompok sosial
44.
Mahahasiswa mampu membuat instrumen jadual aktivitas
mingguan kelompok sosial
45.
Mahahasiswa mampu membuat instrumen jadual aktivitas
bulanan kelompok sosial
46.
Mahahasiswa mampu membuat instrumen musim tahunan
kelompok sosial
47.
Mahahasiswa mampu membuat instrumen kekerabatan
kelompok sosial
48.
Mahahasiswa mampu menggunakan instrumen mini research antropologi pendidikan
|
Workshop instrumen
mini research antropologi pendidikan
|
1. Menerangkan 5 instrumen mini research antropologi pendidikan
2. Mencari data dan informasi jadual aktivitas
dan kekerabatan mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan kampus
3. Presentasi 5
kelompok
4. Klarifikasi
|
Tugas
Meneliti kecende-rungan aktivitas dan
ke-kerabatan dan field note
|
Portfolio
sumber data : anggota sebuah rumah
kost 1)mhs-mhs, 2)induk semang, 3)dosen, 4)tenaga kependidikan dan 5)pejabat IAIN
GTLO
|
Civitas akademika IAIN GTLO
Dosen Pengampu MK
|
13.
|
Mahasiswa mampu melakukan mini research ideologi
pendidikan
|
49. Mahahasiswa
mampu menggunakan instrumen mini
research ideologi pendidikan
|
Workshop instrumen
mini research ideologi pendidikan
|
1. Membagikan 104 pertanyaan instrumen mini research ideologi pendidikan
pada 5 kelompok
2. Mencari data dan informasi dari mahasiswa, dosen
dan tenaga kependidikan di lingkungan kampus
3. Presentasi tiap
kelompok
4. Klarifikasi
|
Tugas
Melakukan tes filosofi dasar
pendidikan dan field note
|
Portfolio Sumber data : anggota sebuah rumah kost 1)mhs-mhs, 2)induk
semang, 3)dosen, 4)tenaga kependidikan dan 5)pejabat IAIN GTLO
|
William F Oniel, Ideologi-Ideologi
Pendidikan
Civitas akademika IAIN GTLO
Dosen Pengampu MK
|
14.
|
Mahahasiswa
mampu mengidentifikasi persoalan-persoalan pendidikan Islam (kekinian)
|
50. Mahahasiswa
mampu mendeskripsikan praktek Kapitalisme pendidikan di Indonesia
51. Mahahasiswa
mampu mendeskripsikan praktek Komersialisme pendidikan di Indonesia
52. Mahahasiswa
mampu mendeskripsikan praktek pendidikan di Indonesia
53. Mahahasiswa
mampu mendeskripsikan praktek Komersialisme Pendidikan di Indonesia
54. Mahahasiswa
mampu menganalisis kekuatan, peluang, kelemahan dan tantangan pendidikan di
lingkungan IAIN GTLO
|
Persoalan-persoalan
Pendidikan Islam (kekiniaan);
a. Kapitalisme
Pendidikan Islam
b. Komersialisme
Pendidikan Islam
c. Liberalisme
Pendidikan Islam
d. Humanisme
Pendidikan Islam
|
1. Menelaah contoh
kasus persoalan-persoalan pendidikan kekinian
2. Membagi kelas
menjadi empat kelompok: a) kekuatan, b) peluang, c) keelahan, d) tantangan
3. Menelaah IAIN
GTLO dan lingkungannya dengan analisis SWOT
4. Klarifikasi
|
Tugas berlatih membuat kesim-pulan
dan saran
|
Portfolio
Membuat kesimpulan dan saran mini research
Pengabdian masyarakat di lingkungan Kampus
IAIN GTLO
|
Analisis SWOT
Dosen Pengampu MK
|
15.
|
Mahasiswa mampu
mendokumentasikan perkuliahan melalui amplop portfolio + mampu menyusun laporan mini research
|
55. Mahasiswa mampu
melengkapi dokumen perkuliahan
56. Mahasiswa mampu
bersikap jujur dalam menilai perkuliahan
57. Mahasiswa mampu
memberikan kritik dan saran membangun untuk perkuliahan
58. Mampu menyusun
laporan mini research dengan tepat
dan benar
|
Pengumpulan portfolio + coaching menyusun laporan mini
research
|
1. Mengumpulkan portfolio
2. Pemeriksaan kelengkapan portfolio
3. Editing laporan mini research
4. Menyerahkan kembali
portfolio yang sudah dinilai
|
Pemeriksa-an kelengkap-an portfolio
|
Portfolio lengkap dan
tidak lengkap
|
Dosen Pengampu MK
|
16.
|
Mahasiswa mampu
mendokumentasikan perkuliahan melalui blog pribadi
|
59. Mahasiswa mampu
memanfaatkan IT untuk dokumentasi pembelajaran
60. Mahasiswa mampu
mendokumentasikan seluruh perkuliahan dari awal sampai akhir semester di blog pribadi masing-masing
|
Pendokumentasian
perkuliahan melalui blog pribadi
|
1. Mengumpulkan alamat
blog pribadi kepada dosen pada alamat
email: oddopay@gmail.com; atau fb:
Govar Arian Laleno
2. Meminta bebepara
blog terpilih untuk dipresentasikan di depan kelas.
3. Klarifikasi
|
Presentasi blog pribadi
|
Blog pribadi
|
Dosen Pengampu MK
|
17.
|
Mahasiswa mampu mebuktikan kompetensinya dalam mata
kuliah FPI
|
61.
Mampu
mengumpulkan mini research tepat waktu
62.
Mampu
mengisi matrix mini research dengan lengkap, tepat dan benar
63.
Mampu
mempersembahkankan karya dan prestasi terbaik untuk Alloh SWT.
|
Penyerahan mini research dan UAS
|
1. Mengumpulkan mini research (hard copy kepada dosen dan soft
copy ke email:oddopay@gmail.com;atau
fb: Govar Arian Laleno)
2. UAS tertulis
3. Pengumuman hadiah
untuk blog terbaik
|
Ujian tertulis
|
Mengisi matrix mini research
|
Dosen Pengampu MK
|
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapussilakan bertanya jika ada hal yang tidak dimengerti
BalasHapus