Sabtu, 12 April 2014

satuan acara perkuliahan filsafat pendidikan islam




INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
 SULTAN AMAI GORONTALO
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
FILSAFAT  PENDIDIKAN ISLAM

SILABUS DAN SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Mata Kuliah                                 : Filsafat Pendidikan Islam
Fakultas                                        : Tarbiyah dan Keguruan       
Program Studi                              : Pendidikan Agama Islam
Jenjang                                         : S1
Bobot/Semester                           : 3 SKS/Genap
Mata Kuliah Prasyarat                 : Filsafat Ilmu
Dosen                                           : Govar Arian Laleno, S.IP., M.Pd.

1.      Deskripsi Mata Kuliah

Dengan adanya mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan untuk memahami pemikiran-pemikiran filosofis tentang pendidikan, wawasan yang luas dan keterampilan berpikir mengenai pendidikan. Mahasiswa dapat membantu dalam merumuskan pemikiran konsepsional dalam bidang pendidikan Islam.
Secara umum mata kuliah ini akan berusaha mengkaji berbagai permasalahan yang muncul dalam bidang pendidikan--yang akan dikaji secara filosofis. Diharapkan problema-problema yang muncul dalam dunia pendidikan Islam dapat dipecahkan dan selanjutnya akan ditemukan paradigma filosofis pendidikan Islam yang sesuai dengan harapan.
2.     Kompetensi Mata Kuliah
Agar mahasiswa mengetahui dan memahami filsafat pendidikan Islam untuk memperoleh wawasan yang luas dan memiliki keterampilan berpikir mengenai pendidikan Islam.
3.    Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan perkuliahan yaitu:
1) pendekatan ekspositori,
2) pendekatan inkuiri dan              
3) pendekatan pemecahan masalah.
Metode :  ceramah, tanya jawab dan diskusi, tutoring by student, dalam pemecahan masalah dan analsis kasus.
            Tugas     :  resume buku/mind map, pengabdian masyarakat, mini research
            Media    :  LCD, kertas plano, instrumen penelitian dan blog

4.    Kriteria Evaluasi
No.
Jenis Tagihan
Bobot (%)
1
Kehadiran dan Partisipasi kelas/Kelompok
15%
2
Tugas individu (mini research)
15%
3
Tugas kelompok (Book Report)
15%
3
Ujian Tengah Semester
20%
4
Ujian Akhir Semester
35%
Jumlah (Nilai Akhir)
100%

5.    Rincian Materi Pembelajaran
Pertemuan ke-
Topik
1
Kontrak belajar dan Pengenalan FPI                   
2
Pendapat 4 ahli Filsafat Pendidikan Islam (Al-Ghazali, Ibnu Kholdun, Mohammad Iqbal dan Fazlurrahmaan) tentang ilmu, pendidikan, pengajar, peserta didik, hadiah dan hukuman
3
Dalil-dalil Al-Quran, Hadits dan kisah sahabat RA.Hum. tentang ilmu, pendidikan, pengajar, peserta didik, hadiah dan hukuman.
4
Belajar dengan otak kiri (cara belajar konvesional)
5
Belajar dengan otak kanan (cara belajar imajinasi)
6
Memahami asmaulhusna dengan otak kanan kiri (cara belajar revolusional)
7
Filosofi dan ideologi pendidikan
8
UTS
9
Ideologi pendidikan koservatif
10
Ideologi pendidikan liberal
11
Antropologi pendidikan
12 +13
Workshop instrumen mini research FPI
14
Persoalan-persoalan Pendidikan Islam (kekiniaan);
a.    Kapitalisme Pendidikan Islam
b.    Komersialisme Pendidikan Islam
c.    Liberalisme Pendidikan Islam
d.     Humanisme Pendidikan Islam
15
Portfolio + coaching mini research
16
Pendokumentasian perkuliahan melalui blog pribadi + coaching mini research
17
Penyerahan mini research dan UAS

6.    Sumber Bacaan
A.         Texbook:

Abuddin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 2001
O’neil, William F., Ideologi-Ideologi Pendidikan, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2008
Mahmud, Antropologi Pendidikan, Bandung, Pustaka Setia, 2012
B.         Referensi:

Abdul Khobir, Filsafat Pendidikan Islam (Landasan Teoritis dan Praktis), Pekalongan: Pekalongan Press, 2007
Burhanuddin Salam, Pengantar Pedagogik (Dasar-dasar ilmu Mendidik), Jakarta: Rineka Cipta, 1997
Ismail Thoib, Wacana Baru Pendidikan Meretas Filsafat Poendidikan Islam, Yogyakarta: Genta Press, 2008
Prasetyo, Filsafat Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2000
Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam (Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis), Jkt: Ciputat Press, 2002
Suyatno, Belajar Bahasa Inggris Otak Kanan, Bandung: Right Brain, 2012


SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Perte-muan
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Aktivitas Pembelajaran
Penilaian
Media &
Buku Sumber
Jenis Evaluasi
Bentuk Instrumen
1.                   
Mahasiswa mengetahui maksud dan tujuan serta inti perkuliahan FPI
1.           Mahasiswa mengetahui peraturan perkuliahan selama satu semester
2.           Mahasiswa mengetahui materi yang akan dipelajari selama satu semester
3.           Memahami hakikat penciptaan manusia dan perkembangan jiwanya
4.           Mahasiswa memiliki satu buku referensi untuk mata kuliah Filsafat Pendidikan Islam
Kontrak belajar dan pengenalan FPI, penciptaan manusia dan psikologi perkembangan singkat
1. Memahami potensi mahasiswa melalui IPK, mata kuliah yang belum lulus dan hobi mahasiswa yang bisa menghasilkan uang.
2. Simulasi pengaruh jujur dan bohong, pujian dan makian, sangkaan baik dan buruk terhadap kekuatan fisik
3. Klarifikasi
Simulasi
Membagi kelas menjadi 5 kelompok
Praktek masing-masing
Mencari pendapat 4 para ahli FPI tentang 5 unsur dalam sistem pendidikan
Dosen Pengampu MK
2.                   
Mahasiswa dapat mendeskripsikan pendapat (4 ahli FPI) Imam Al-Ghazali, Ibnu Kholdun, Mohammad Iqbal dan Fazlurrahmaan tentang ilmu, pendidikan, pengajar, peserta didik, hadiah dan hukuman
5.           Mahasiswa mampu menjelaskan pendapat 4 ahli FPI tentang ilmu
6.           Mahasiswa mampu menjelaskan pendapat 4 ahli FPI tentang pendidikan
7.           Mahasiswa mampu menjelaskan pendapat 4 ahli FPI tentang pengajar
8.           Mahasiswa mampu menjelaskan pendapat 4 ahli FPI tentang peserta didik
9.           Mahasiswa mampu menjelaskan pendapat 4 ahli FPI tentang hadiah dan hukuman
Pendapat Al-Ghazali, Ibnu Kholdun, Mohammad Iqbal dan Fazlurrahmaan tentang ilmu, pendidikan, pengajar, peserta didik, hadiah dan hukuman
1.  Mematangkan pemahaman tiap kelompok akan tugas masing-masing
2.  Membandingkan pendapat Al-Ghazali, Ibnu Kholdun, Mohammad Iqbal dan Fazlurrahmaan tentang ilmu, pendidikan, pengajar, peserta didik, hadiah dan hukuman.
3.  Klarifikasi
jigsaw
Setiap mahasiswa punya tabel perbandingan pendapat 4 ahli FPI
Bahan-bahan yang di-download dari internet
3.                   
Mahasiswa dapat mengidentifikasi dalil-dalil Al-Quran, Hadits dan kisah sahabat RA.Hum. tentang ilmu, pendidikan, pengajar, peserta didik, hadiah dan hukuman
10.       Mahasiswa mampu menjelaskan dalil-dalil dari 3 sumber hukum Islam tentang ilmu
11.       Mahasiswa mampu menjelaskan dalil-dalil dari 3 sumber hukum Islam tentang pendidikan
12.       Mahasiswa mampu menjelaskan dalil-dalil dari 3 sumber hukum Islam tentang pengajar
13.       Mahasiswa mampu menjelaskan dalil-dalil dari 3 sumber hukum Islam tentang peserta didik
14.       Mahasiswa mampu menjelaskan dalil-dalil dari 3 sumber hukum Islam tentang hadiah dan hukuman
Dalil-dalil Al-Quran, Hadits dan kisah sahabat RA.Hum. tentang ilmu, pendidikan, pengajar, peserta didik, hadiah dan hukuman
1. Trik mengingat dalil-dalil dan kisah dengan membaca keras dan pengulangan
2. Klarifikasi

Presentasi setiap kelompok mengenai dalil-dalil dan kisah di depan kelas
Pengulangan seluruh peserta kelas
AlQuran, Sahih Bukhari Muslim dan Hayatusahabah Dosen Pengampu MK
4.                   
Mahasiswa memahami gejala dalam pembelajaran konvensional. Penggunaan otak kiri yang dominan

15.       Mahasiswa mampu mengingat dengan metode taqror
16.       Mahasiswa mengetahui siapa yang kuat daya ingatnya dan yang lemah daya ingatnya di dalam kelompok kelas
17.       Mahasiswa menyadari berapa banyak dan berapa lama kapasistas mereka dalam menggunakan memori otak kirinya
18.       Mahasiswa memahami kekuatan dan kelemahan pembelajaran dengan otak kiri
Belajar dengan otak kiri (cara belajar konvesional)
1.    Menguji daya ingat
2.    Memberi contoh metode taqror
3.    Tutoring by student untuk mengingat belasan point hadits dengan pengulangan
4.    Klarifikasi
Quis
Menguji daya ingat terkuat
Hadist-hadist pilihan
Dosen Pengampu MK
5.                   
Mahasiswa memahami gejala dalam pembelajaran imajinasi. Penggunaan kerja otak kanan.

19.       Mahasiswa memahami fungsi otak kanan
20.       Mahasiswa memahami cara kerja otak kanan dan rumus imajinasi
21.       Mahasiswa menyadari berapa banyak dan berapa lama kapasistas mereka dalam menggunakan memori otak kanannya
22.       Mahasiswa memahami kekuatan dan kelemahan pembelajaran dengan otak kanan
Belajar dengan otak kanan (cara belajar imajinasi)
1.    Penjelasan jangkar imajinasi
2.    Memberi contoh metode imajinasi
3.    Tutoring by student untuk mengingat belasan point hadits dengan imajinasi
4.    Klarifikasi
Membuat jangkar imajinasi dari 1-99
Portfolio
Belajar Bahasa Inggris dengan Otak Kanan
Dosen Pengampu MK
6.                   
Mahasiswa memahami gejala dalam pembelajaran revolusional. Penggunaan kerja otak kanan dan kiri.

23.       Mahasiswa mampu menghafal 99 asmaul husna dengan kerja sama otak kanan dan kiri
24.       Mahasiswa mampu merencanakan pembelajaran hafalan metode otak kanan dan kiri
25.       Mahasiswa memahami potensi kerjasama otak kanan (imajinasi) dan otak kiri (logika)—serta keajaiban otak manusia
Hafal dan memahami asmaulhusna dengan otak kanan dan kiri (cara belajar revolusional)
1.    Setiap kelompok presentasi 20 asmaul husna dengan imajinasi dan pemahaman
2.    Seluruh kelompok mengevaluasi hasil kelompok lain
3.    Mengingat 99 asmaulhusna secara pribadi dalam waktu singkat
4.    Klarifikasi
Tugas
Mengingat asmaul husna
Portfolio
99 Asmaul Husna
Dosen Pengampu MK

7.                   
Mahasiswa mampu menjelaskan Konsep Filosofis tentang Arti, Prinsip, Dasar & Tujuan Pendidikan Islam
26.       Mahasiswa mampu menjelaskan tinjauan filosofis Hakikat Pendidikan dan Pendidikan Islam
27.       Mahasiswa mampu menjelaskan tinjauan filosofis tentang prinsip-prinsip Pendidikan Islam
28.       Mahasiswa mampu menjelaskan tinjauan filosofis tentang Dasar Pijakan Pendidikan Islam
29.       Mahasiswa mampu menjelaskan tinjauan filosofis tentang Tujuan Pendidikan Islam
Filosofi dan ideologi pendidikan Islam
1.    Penjelasan hakikat ideology
2.    Menelaah aspek-aspek filosofis dalam sistem pendidikan Islam
3.    Kel. 1 dan 2 Mengingat materi filosofi dan ideologi pendidikan Islam dengan otak kanan
4.    Klarifikasi
Tugas
Membuat mind map Filosofi dan ideologi pendidikan Islam
Portfolio
William F Oniel, Ideologi-Ideologi Pendidikan
Kelompok 1 dan 2
Dosen Pengampu MK
8.                   
Memahami asmaulhusna
30.       Mahasiswa mampu menghafal asmaulhusna
31.       Mahasiswa memahami arti dan penjelasannya
32.       Mahasiswa mampu membuat pembelajaran asmaulhusna
UTS

Ujian lisan
Asmaul husna dan Materi

9.                   
Mahasiswa mampu meingidentifikasi pandangan paradigma konservatif
33.       Mahasiswa mampu meingidentifikasi pandangan fundamentalisme pendidikan
34.       Mahasiswa mampu meingidentifikasi pandangan intelektual pendidikan
35.       Mahasiswa mampu meingidentifikasi pandangan konservatisme pendidikan
Ideologi pendidikan koservatif
1.    Presentasi mind map kel. 3 tentang ideology pendidikan konservatif
2.    Mengingat materi ideologi pendidikan konservatif (dengan otak kanan) tentang: 1)Tujuan pendidikan, 2)Tujuan sekolah, 3)ciri-ciri umum, 4)anak sebagai pelajar, 5)administrasi dan pengendalian pendidikan, 6)sifat-sifat hakiki kuri kulum, 7)mata pelajaran, 8)metode-metode pengajaran dan penilaian hasil belajar, 9)kendali di ruang kelas
3.    Klarifikasi
Quis
Uji daya ingat materi ideologi pendidikan konservatif
William F Oniel, Ideologi-Ideologi Pendidikan
Kelompok 3
Dosen Pengampu MK
10.                
Mahasiswa mampu meingidentifikasi pandangan paradigma liberal
36.       Mahasiswa mampu meingidentifikasi pandangan liberalisme pendidikan
37.       Mahasiswa mampu meingidentifikasi pandangan liberasionisme pendidikan
38.       Mahasiswa mampu meingidentifikasi pandangan anarkisme pendidikan
Ideologi pendidikan liberal
1.    Presentasi mind map kel. 4 dan 5 tentang ideology pendidikan liberal
2.    Mengingat materi ideologi pendidikan liberal (dengan otak kanan) tentang: 1)Tujuan pendidikan, 2)Tujuan sekolah, 3)ciri-ciri umum, 4)anak sebagai pelajar, 5)administrasi dan pengendalian pendidikan, 6)sifat-sifat hakiki kuri kulum, 7)mata pelajaran, 8)metode-metode pengajaran dan penilaian hasil belajar, 9)kendali di ruang kelas
3.    Klarifikasi
Quis
Uji daya ingat materi ideologi pendidikan liberal
William F Oniel, Ideologi-Ideologi Pendidikan
Kelompok 4 + 5
Dosen Pengampu MK
11.                
Mahasiswa mampu memahami analisis antropologi tentang sistem pendidikan
39.       Mahasiswa mampu mengidentifikasi tipe-tipe sistem pendidikan di masyarakat
40.       Mahasiswa mampu memahami sistem pendidikan masyarakat modern
41.       Mahasiswa mampu memahami analisis sosioantropologis sistem pendidikan modern
42.       Mahahasiswa mampu memahamiperkembangan pendidikan di masyarakat dunia
Antropologi Pendidikan
1.    Penjelasan materi antropologi pendidikan
2.    Tanya jawab
3.    Klarifikasi
Tugas
Membuat Peta Transek
Portfolio Transek IAIN Sultan Amai Gorontalo dengan tempat kost masing-masing
Prof. Mahmud, Antropologi Pendidikan
Dosen Pengampu MK
12.                
Mahasiswa mampu melakukan mini research antropologi pendidikan
43.       Mahahasiswa mampu membuat instrumen aktivitas 24 jam kelompok sosial
44.       Mahahasiswa mampu membuat instrumen jadual aktivitas mingguan kelompok sosial
45.       Mahahasiswa mampu membuat instrumen jadual aktivitas bulanan kelompok sosial
46.       Mahahasiswa mampu membuat instrumen musim tahunan kelompok sosial
47.       Mahahasiswa mampu membuat instrumen kekerabatan kelompok sosial
48.       Mahahasiswa mampu menggunakan instrumen mini research antropologi pendidikan
Workshop instrumen mini research antropologi pendidikan
1.    Menerangkan 5 instrumen mini research antropologi pendidikan
2.    Mencari data dan informasi jadual aktivitas dan kekerabatan mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan kampus
3.    Presentasi 5 kelompok
4.    Klarifikasi
Tugas
Meneliti kecende-rungan aktivitas dan ke-kerabatan dan field note
Portfolio
sumber data : anggota sebuah rumah kost 1)mhs-mhs, 2)induk semang, 3)dosen, 4)tenaga kependidikan dan 5)pejabat IAIN GTLO
Civitas akademika IAIN GTLO
Dosen Pengampu MK
13.                
Mahasiswa mampu melakukan mini research ideologi pendidikan
49.       Mahahasiswa mampu menggunakan instrumen mini research ideologi pendidikan
Workshop instrumen mini research ideologi pendidikan
1.    Membagikan 104 pertanyaan instrumen mini research ideologi pendidikan pada 5 kelompok
2.    Mencari data dan informasi dari mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan kampus
3.    Presentasi tiap kelompok
4.    Klarifikasi
Tugas
Melakukan tes filosofi dasar pendidikan dan field note
Portfolio Sumber data : anggota sebuah rumah kost 1)mhs-mhs, 2)induk semang, 3)dosen, 4)tenaga kependidikan dan 5)pejabat IAIN GTLO
William F Oniel, Ideologi-Ideologi Pendidikan
Civitas akademika IAIN GTLO
Dosen Pengampu MK
14.                 
Mahahasiswa mampu mengidentifikasi persoalan-persoalan pendidikan Islam (kekinian)
50.       Mahahasiswa mampu mendeskripsikan praktek Kapitalisme pendidikan di Indonesia
51.       Mahahasiswa mampu mendeskripsikan praktek Komersialisme pendidikan di Indonesia
52.       Mahahasiswa mampu mendeskripsikan praktek pendidikan di Indonesia
53.       Mahahasiswa mampu mendeskripsikan praktek Komersialisme Pendidikan di Indonesia
54.       Mahahasiswa mampu menganalisis kekuatan, peluang, kelemahan dan tantangan pendidikan di lingkungan IAIN GTLO

Persoalan-persoalan Pendidikan Islam (kekiniaan);
a.     Kapitalisme Pendidikan Islam
b.     Komersialisme Pendidikan Islam
c.     Liberalisme Pendidikan Islam
d.    Humanisme Pendidikan Islam
1.    Menelaah contoh kasus persoalan-persoalan pendidikan kekinian
2.    Membagi kelas menjadi empat kelompok: a) kekuatan, b) peluang, c) keelahan, d) tantangan
3.    Menelaah IAIN GTLO dan lingkungannya dengan analisis SWOT
4.    Klarifikasi
Tugas berlatih membuat kesim-pulan dan saran
Portfolio
Membuat kesimpulan dan saran mini research
Pengabdian masyarakat di lingkungan Kampus IAIN GTLO
Analisis SWOT
Dosen Pengampu MK
15.                 
Mahasiswa mampu mendokumentasikan perkuliahan melalui amplop portfolio + mampu menyusun laporan mini research
55.       Mahasiswa mampu melengkapi dokumen perkuliahan
56.       Mahasiswa mampu bersikap jujur dalam menilai perkuliahan
57.       Mahasiswa mampu memberikan kritik dan saran membangun untuk perkuliahan
58.       Mampu menyusun laporan mini research dengan tepat dan benar
Pengumpulan portfolio + coaching menyusun laporan mini research
1.    Mengumpulkan portfolio
2.    Pemeriksaan kelengkapan portfolio
3.    Editing laporan mini research
4.    Menyerahkan kembali portfolio yang sudah dinilai
Pemeriksa-an kelengkap-an portfolio

Portfolio lengkap dan tidak lengkap
Dosen Pengampu MK
16.                 
Mahasiswa mampu mendokumentasikan perkuliahan melalui blog pribadi
59.       Mahasiswa mampu memanfaatkan IT untuk dokumentasi pembelajaran
60.       Mahasiswa mampu mendokumentasikan seluruh perkuliahan dari awal sampai akhir semester di blog pribadi masing-masing
Pendokumentasian perkuliahan melalui blog pribadi
1.    Mengumpulkan alamat blog pribadi kepada dosen pada alamat email: oddopay@gmail.com; atau fb: Govar Arian Laleno
2.    Meminta bebepara blog terpilih untuk dipresentasikan di depan kelas.
3.    Klarifikasi
Presentasi blog pribadi
Blog pribadi
Dosen Pengampu MK
17.               
Mahasiswa mampu mebuktikan kompetensinya dalam mata kuliah FPI
61.       Mampu mengumpulkan mini research tepat waktu
62.       Mampu mengisi matrix mini research dengan lengkap, tepat dan benar
63.       Mampu mempersembahkankan karya dan prestasi terbaik untuk Alloh SWT.
Penyerahan mini research dan UAS
1.    Mengumpulkan mini research (hard copy kepada dosen dan soft copy ke email:oddopay@gmail.com;atau fb: Govar Arian Laleno)
2.    UAS tertulis
3.    Pengumuman hadiah untuk blog terbaik
Ujian tertulis
Mengisi matrix mini research
Dosen Pengampu MK

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. silakan bertanya jika ada hal yang tidak dimengerti

    BalasHapus